---Tentang Busi Motor---

Busi
Kita semua tentunya sudah tahulah apa itu busi(spark plug).Tulisan ini dibuat hanya berdasarkan pengalaman saja.Semogga dengan adanya informasih ringan ini bermanfaat bagi anda semua.
Yang kita bahas disini adalah bagaimana cara menghadapi busi motor yang mogok gara-gara banjir.
Untuk wilayah Jakarta kan kalau banjir tidak bisa diprediksi.Terkadang hujan tidak banjir tapi terkadang juga tidak hujan malah banjir bisa sedengkul.Bukan rahasia umum lagi kali ya tentang banjir di Jakarta.

Awal-awalnya saya binggung menghadapi motor mogok karena banjir.
Masalahnya untuk buka busi motor aja tidak becus.
Yang ada binggung mau diapain.Terpaksa karena keadaan mau tidak mau ya belajar cara membuka busi motor.Masalahnya kalau sudah malam kan jarang bengkel yang masih buka.Berdasarkan pengalaman dijalanan banyak juga yang tidak bisa buka busi motor.Pernah suatu malam didaerah Tangerang jalanan banjir.
Ada beberapa motor yang mogok(kebutulan pada saat itu saya sudah bisalah buka busi....ha...ha...sombong dikit).Salah satu "korban" bertanya kepada saya,"Pak,punya kunci untuk buka busi gak?".Berhubung punya saya kasih pinjam kuncinya.Tapi yang jadi masalah lagi orang tersebut kebinggungan lalu betanya lagi,"Maaf,Pak....cara buka businya gimana ya"?.Nah loh ternyata masih ada lagi yang lebih gak ngerti!
Sudah dapat pinjaman tapi binggung cara membukanya.Tapi lebih binggung lagi kalau kunci busi ada diabawah jok motor sedangkan motor lagi bawa barang-barang yang sudah diikat dengan rapinya....capek deh!.Barang yang dibawa berat dan banyak lagi....huh!!!.Kog jadi curhat ya?

Teryata ada cara yang lebih praktis.
Kalau teryata cara ini masih ada yang gak bisa juga ...weleh..weleh...."kebangetan".
Sudah saya praktekan 4x pada saat banjir diatas dengkul.Saya tidak tahu apa ini karena faktor kebetulan saja atau memang begitu caranya(soalnya saya bukan teknisi motor...ha...ha).
Cara ini saya dapat dari teman.
Dia bialng begini,"Hai...sobat,kalau busi motor mogok gara-gara banjir bukan businya yang dibuka coy!"
(Nah loh....kalau bukan businya apalagi ya yang dibuka?.Mungkin celananya kali biar gak kebanjiran.
Waduh....kog celananya yang dibuka....malu dong!).

Makin lama makin ngelantur nih.......
Kita langsung aja ke TKP:
Selalu siapakan kain lap kering/tissue serta busi cadangan.
Kalau sering bawa barang berat diatas motor sebaiknya kunci busi jangan disimpan dalam jok.
Carilah jalan alternatif bila daerah yang dilewati sering banjir.(gunakanan fasilitas GPS yang ada di handphone atau setidaknya memanfaatkan marka-marka jalan yang ada).

Jadi kalau busi motor mogok gara-gara banjir tidak perlu buka businya(jadi malu nih).
Cukup buka kepala busi yang bentuknya "L" terbuat dari karet.
Cari tempat yang aman dari banjir untuk persiapan "operasi"
Tidak perlu pakai kunci segala macem cukup tarik saja, copot deh!.
Karena yang basah itu kepala businya bukan "jeroanny".Ngapain repot-repot buka businya apalagi kunci businya gak punya nich!Ataupun punya tapi dibawah jok yang lagi bawa muatan....cuapek deh!!!
(he...he....kecil kemungkinan airnya sampai masuk kedalam businya kan?)
Setelah dicopot dari busi dan kabelnya,ambil kain lap kering/tissue yang sudah disiapakan.
Lap sampai kering bagian dalam kepala busi tersebut.
Seandainya lupa bawa kain lap/tissue,cukup tiup-tiup kepala businya!
Biasanya cepat kering karena faktor mesin motornya masih panas biar.
Setelah dilap kering pasang kembali keapala businya.Starter/engkol motornya.Kalau sudah nyala biarkan beberapa menit biar benar-benar kering kepala businya.Tidak perlu digeber-geber lah gas motornya.
Biasa aja coy....(Mungkin yang suka geber-geber gas motor itu ingin menunjukan,"Nih....gue!....motor gue dah nyala)
Kepala Busi
Baigamana kalau cara diatas sudah benar tapi motor gak mau nyala-nyala?
Maap ya...maap...saya bukan teknisi he...he.....
Hanya satu cara yang saya tahu,coba buka businya (bukan kepala businya).
Periksa perapiannya masih oke gak!
Seandainya tidak ada perapiannya kemungkinan businya sudah gak berfungsi lagi.Yah...mau gak mau ganti busi baru coy!
(bawa gak loe busi cadangan? pan gue sudah bilang siapin busi cadangan....kacian deh loe!)

Akhir kata,begitulah pengalaman saya yang gak tau cara menghadapi busi mogok gara-gara banjir.Informasih ini disampaikan berdasarkan pengalaman dijalanan saja (maklum anak jalanan).
Biar gak malu-maluin bagi Anda,cukuplah buat saya saja.
Trim's,buat sobat yang telah berbaik hati dengan "petuahnya".
Sampai jumpa pada informasih ringan berikutnya.......


Artikel Ini Dipersembahkan Oleh:

ROYAL AUTO SPARE PARTS
Distributor Spare Part Mobil Terlengkap. Hubungi Segerah Bagian Pemasaran Kami Pada Alamat Diatas Atau: JL.Raya KH.Hasyim Ashari No.5F.Tangerang|Tlp:021 9818 1046 |Fax:021 5540 848 |
e-mail:dicochandra77@yahoo.com|